Selasa, 22 November 2011

Membaca itu asyik


Membaca itu asyik

Bahan atau sumber membaca itu adalah BUKU.  Buku adalah pengusung peradaban, tanpa buku sejarah diam, sains lumpuh, sastra bungkam, dan pemikiran macet.
Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia mercusuar yang dipancangkan di samudera waktu (barbara tuchman, 1989). Buku itu sangat penting bagi kita terutama dalam kegiatan baca tulis. Membaca seolah menjadi kegiatan yang tidak bisa dielakan lagi dalam pendidikan bangsa mana pun dan generasi kapan pun.
Terus bagaimana dengan negara kita???? (----__----)

Dari data UNDP tahun 2005 menunjukan bahwa indonesia mempunyai nilai cukup tinggi dalam melek huruf yaitu 87,9 tetapi negara kita masih dikategorikan masyarakat miskin. Because masyarakat kita dalam kegiatan membacanya masih pada melek huruf belaka maksudnya kemampuan baca masyarakat yang sebatas mengeja dan mengenal huruf saja. Masyarakat hanya pada tahap ini saja, tetapi harus sampai fungsional atau budaya.

Dengan budaya membaca kita dapat meningkatkan knowladge, skill, mampu membuat keputusan dan memecahkan masalah bahkan dapat meningkatkan kualitas kerja.  Akan tetapi sangat disayangkan masyarakat kita uth lebih banyak menonton TV dibandingkan membaca.  Maybe menonton TV lebih mudah diserap karena informasi tersaji tidak usah diolah dalam berbagai sisi dan persepsi.

Namun kegiatan membaca bermanfaat dalam jangka panjang terutama dalam hal kesejahteraan. Sebagai contoh yang dikutip dari koran pikiran rakyat. 19 mei 2011 “ kiswanti, tukang jamu asal bogor yang selalu menyelipkan buku saat berjualan agar pelanggannya tertarik membaca buku dan sekarang dia mempunyai warung baca”. Itulah membaca dapat mencapai kesejahteraan.

Membaca membuat kita senang, contohnya saat membaca novel misalnya, kita tuh dapat menggambarkan sitokoh sesuai dengan imajinasi kita. Kita dapat berimajinasi semau kita tidak ada batasnya.
Dalam dunia ini tidak luput dari membaca, mulai dari pertama kita membuka mata sampai menutup mata.  Setiap hari kita selalu membaca namun, itu tidak disadari oleh kita.
Menurut saya membaca itu dapat membuat kita senang, nyaman, bisa berimajinasi, menambah wawasan, menambah pertemanan, dapat sharing knowladge.

Suatu saat nanti saya ingin membuat TAMAN BACAAN agar masyarakat di kampungku wawasannya bertambah terutama pada generasi muda termasuk saya. siapa lagi???
Bisa jadi dengan membaca dan meningkatkan budaya membaca bangsa INDONESIA menjadi negara yang maju like as negara-negara maju dengan budaya membacanya.

Sebagai generasi muda kita harus bisa memajukan negara tercinta kita INDONESIA. Kalau bukan kita
So, let’s we are reading!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar